Paracetamol untuk Si Anabul (Anjing & Kucing) ? No Way, Bro!”

Hei, para pecinta bulu di luar sana! Kita semua tau gimana rasanya kalo melihat si meong kesayangan atau si guguk tercinta lagi nggak enak badan. Insting kita pasti pengen buru-buru kasih apa pun yang bisa bikin mereka nyaman lagi, kan? Tapi sabar dulu, bro dan sis! Ada satu hal yang harus banget kita waspadai: memberikan paracetamol ke anjing dan kucing kita itu BUKAN ide yang bagus. Nope, sama sekali bukan.

“You are what you eat,” kata orang bijak. Tapi buat anjing dan kucing, mereka bukan manusia mini yang bisa makan atau minum apa yang kita konsumsi. Paracetamol, yang biasa kita kenal sebagai ‘obat segala’ bagi manusia, itu bener-bener boomerang maut buat mereka.

Menurut data yang dirilis oleh ASPCA Animal Poison Control Center, paracetamol bisa menyebabkan keracunan yang serius, bahkan fatal, bagi hewan peliharaan kita. Dan ga main-main, guys, bahkan dosis kecil aja bisa bikin mereka kena masalah.

Para ahli vet bilang, kucing tuh paling sensitif sama paracetamol karena mereka nggak punya enzyme yang cukup buat ngolah zat tersebut. Dr. Wismer dari ASPCA menjelaskan kalo satu pil paracetamol bisa udah cukup buat sebabkan kerusakan hati yang parah pada kucing, dan dua pil bisa fatal. Dan buat anjing, meskipun mereka lebih ‘tahan banting’ daripada kucing, kelebihan dosis paracetamol bisa bikin anemia lho, yang mana bisa bikin kondisi mereka jadi kritis.

Efek negatif dari paracetamol itu bisa mulai dari lemes berkepanjangan, muntah, sampai perubahan warna pada kulit atau gusi mereka menjadi biru karena kurang oksigen, ujar Dr. Gary Richter, seorang ahli kesehatan hewan. Jadi, bayangin aja, bukannya jadi baikan, si do’i malah bisa makin parah kondisinya gara-gara kita yang ‘baik hati’ ini.

Tapi bukan berarti kalo mereka sakit kita cuma bisa nonton doang. Pertolongan pertama yang bisa kita lakukan adalah bawa ke dokter hewan. Biar mereka yang lebih tahu dan berpengalaman yang nanganin. Jangan sekali-kali kasih obat manusia tanpa konsultasi sama vet, ya! Oiya, Kalo seputatan Ambon rekomendasi saya bisa hub klinik dr.Koen (085292149007), kalo cuma konsultasi saja Gratis asal bersabar ya klo belum di balas chatnya.

Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, selalu pastikan paracetamol atau obat mana pun jauh dari jangkauan mereka. Kalo bisa, simpan di tempat yang aman dan nggak mungkin mereka capai. Karena, tau sendiri kan, anjing dan kucing itu master dalam hal ‘mencuri’ snack tersembunyi. 😉

Jadi, inget ya, bro dan sis. Meskipun kita cinta banget sama hewan peliharaan kita, cinta saja nggak cukup buat nentuin apa yang terbaik buat mereka, terutama dalam hal medis. Saat si empat kaki nggak enak badan, professional advice is the way to go. So, stay informed, keep them safe, and let’s be the best pet parents we can be! 🐾

Tanda Tangan Kunta 2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*