Pilih Vaksin Aktif Atau Inaktif?

Grafik Vaksin
Grafik Vaksin

Bagi pemula, ketika hendak melaksanakan vaksinasi kita dihadapkan pada dua pilihan yaitu, menggunakan vaksin aktif atau vaksin inaktif? apa kelebihan masing-masing vaksin tersebut? untuk mengetahui hal tersebut Anda bisa membaca kembali artikel kami yang sebelumnya karena sudah pernah saya jelaskan (Baca Artikelnya >>KLIK INI<<).

Pada kesempatan ini, saya hanya sedikit menambahkan penjelasan sebelumnya namun dengan menggunakan gambar grafik yang harapannya dapat lebih mudah di pahami. berikut gambarnya :

Grafik Vaksin
Grafik Vaksin

Vaksin Aktif

Pada grafik tersebut menunjukan pelaksanaan vaksin aktif dan inaktif yang dilakukan secara bersamaan. Dapat kita lihat, pada vaksin aktif, respon sudah mulai terbentuk sejak hari ke-7 setelah vaksin dan langsung mencapai puncak pada hari ke-14. Kemudian kita juga lihat vaksin Aktif sudah mulai habis efektifitasnya pada hari ke-21 setelah vaksin.

Vaksin Inaktif

Pada grafik tersebut, tampak respon vaksin mulai muncul pada hari 14 setelah vaksin diberikan. Vaksin naik dan mencapai puncaknya pada hari ke-21. Setelah itu, vaksin bertahan cukup lama pada kondisi puncak dan baru turun pada hari ke-42 setelah vaksin diberikan.

Nah, berdasarkan grafik tersebut jelas kita mendapat gambaran bahwa setiap vaksin mempunyai ciri khas tersendiri. Tidak bisa dikatakan vaksin aktif lebih baik dari vaksin inaktif atau sebaliknya karena masing-masing mempunyai porsinya masing-masing dan saling bersinergi melindungi ternak dari serangan penyakit.

Sekian dari saya pada hari Jum’at yang penuh berkah ini…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*