‘Telur Beracun’ Kontaminasi 40 Negara di Eropa

Telur Fipronil
Telur Fipronil

Telur terkontaminasi Fipronil

Sekilas lewat diberanda FB saya tawaran tentang produk pembasmi Kutu pada hewan kesayangan dan saya lihat wah sepertinya laris ini produk. Sebagai pedagang obat hewan saya tertarik menelusuri lebih jauh tentang obat tersebut terkait produsen, komposisinya, testimoni dan tentu harganya. Akan tetapi setelah saya telusuri lebih lanjut ternyata pada obat tersebut terdapat kandungan FIPRONIL. Terkait Fipronil ini saya jadi teringat kasus tahun 2017 sekitar bulan Agustus tentang kasus penarikan puluhan ribu ton ‘Telur Beracun’ pada beberapa negara eropa. Kasus ini tidak tangung-tangung, tercatat ada 40 negara eropa yang terkena imbasnya bahkan terakhir saya dengar juga sampai ke hongkong tapi Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada berita terkait isu Fipronil di Indonesia.

Telur Fipronil
Kontaminasi Fipronil Pada Telur

Dampak fipronil ini tidak main-main lho, pada paparan jangka pendek fipronil ini akan mengganggu sistem saraf. Selain itu, fipronil juga menyebabkan mual, muntah, sakit perut, pusing hingga serangan epilepsi. Pada jangka panjang, Paparan fipronil ini akan menyebabkan kerusakan pada hati, kelenjar tiroid dan ginjal. Tentunya ini juga tergantung dosis yang masuk dan daya tahan tubuh individu ya.

Apa Itu Fipronil?

Nah, sekilas tentang Fipronil yang mungkin juga sudah banyak yang tau ya. Fipronil ini sejatinya adalah pestisida pada tanaman. Banyak brand terkenal yang menggunakan fipronil dalam komposisi pestisidanya karena memang top dalam urusan basmi serangga. Fipronil ini mempunyai cara kerja yang unik  yaitu sebagai penghambat (Inhibitor) dari reseptor GABA yang mempengaruhi sistem syaraf pusat serangga sehingga menyebabkan aktifitas berlebihan seperti bergetar dengan kemungkinan kejang kejang dan akhirnya mati. Nah, efektifitas fipronl dan cara kerjanya yang unik inilah yang membuat pihak-pihak tertentu menyalahgunkannya.

Berbicara soal bahan kimia fipronil pada telur maka muncul pertanyaan bagaimana fipronil dapat mengontaminasi telur ayam? Menurut Dosen dari Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Widodo Hadisaputro, fipronil adalah bahan kimia yang terkandung pada insektisida (obat pemusnah hama kutu) dan digunakan untuk membasmi kutu ayam. Ketika diaplikasikan, insektisida tersebut dapat bercampur pada air minum atau pakan yang kemudian terserap pada metabolisme ayam dan residunya ada di dalam telur.  “Ayam itu monogastric sehingga apa yang ia konsumsi akan terakumulasi pada produk akhir [telur atau daging],” Maka, menurut Widodo, tak hanya pada telur, dagingnya juga berpotensi tercemar bahan kimia berbahaya seperti fipronil tersebut. Bahan kimia tersebut, lanjutnya, dilarang untuk digunakan pada hewan konsumsi, tapi ternyata masih dipakai dalam dunia peternakan ayam.

Kembali tentang Fipronil pada pembasmi kutu hewan kesayanagn. Iya sih memang efeknya tidak secara langsung tampak, namun jangka panjang akan membawa dampak buruh bagi hewan kesayangan kita. Mungkin saja kondisi kehatan kewan kita yang sering sakit atau sedang dalam kondisi sakit krosnis atau bahkan telah mati disebabkan penumpukan racun-racun yang masuk melalui kulit.

Semoga bermanfaat…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*